Sejarah Candi Borobudur

Sejarah Candi BorobudurBerbicara mengenai Candi Borobudur, siapa yang tidak tahu dengan wisata popular milik Indonesia ini ? Karena saking populernya, Candi Borobudur sempat dijadikan salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Hal ini memang bukanlah tanpa alasan mengingat candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Namun meski mengenal Candi Borobudur, namun tak banyak dari masyarakat Indonesia tau sejarahnya. Namun, kamu bisa menemukan literasi ini mulai dari buku sejarah Sekolah Dasar.

Sejarah Candi Borobudur

 

Dilansir dari laman Wikipedia, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Syailendra. Karena memang cukup besar, pembangunan Candi Borobudur memakan waktu selama 55 Tahun. Konstruksi awal dimulai dari tahun 770 Masehi. Dan benar-benar selesai pada tahun 825 Masehi. Meski telah berumur lebih dari 1 Abad, Candi Borobudur ini masih tetap memiliki konstruksi yang baik. Meski tak semua bangunan stupa candi tetap seutuh dahulu kala.

Sejarah Candi Borobudur

Sebab banyak salah satu faktor yang mempengaruhi rusaknya stupa-stupa yang ada di candi ini. Salah satu faktor paling besar adalah Gempa Bumi akibat meletusnya Gunung Merapi. Ya, sudah berkali-kali Gunung Merapi meletus dan menimubulkan gempa bumi. Guna menjaga keutuhan candi, Pemerintah Indonesia melakukan beberapa pemugaran. Salah satu pemugaran terbesar ialah pada tahun 1975 hingga 1982. Sebab Candi Borobudur pada saat ini sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Dari Sejarah Candi Borobudur yang ada, ternyata ada banyak pendapat mengenai nama Borobudur yang digunakan oleh candi ini. Salah satu pendapat terkuat adalah dari Sir Thomas Raffles pada buku yang ia ciptakan yakni Sejarah Pulau Jawa.

Meski tidak ada rujukan resmi, namun di salah satu kitab tertua di Indonesia yaitu Nagarakertagama juga menjelaskan nama Borobudur. Kitab karangan Mpu Prapanca ini dibuat sekitar tahun 1365 atau setengah abad Candi Borobudur selesai dibangun.

Menurut Sir Thomas Raffles Borobudur diambil dari dua kata yaitu Boro (Bore) dan Budur. Bore merupakan nama desa dimana candi ini berada. Sementara Budur dalam bahasa jawa berarti Purba. Namun ada juga yang menyebutkan Budur memiliki arti Gunung karena diambil dari kata Budhara.

Resource : updateharga.web.id

Leave a Reply