Menguak Kecantikan Wanita Korea pada Zaman Dahulu

Kecantikan wanita di sebuah negeri tidak terlepas dari perawatan alami yang dilakukan oleh para pendahulunya. Ungkapan tersebut benar adanya, karena bagaimanapun kebiasaan atau adat istiadat sebuah budaya masa kini, negeri tersebut tidak bisa dipisahkan oleh sejarah kebudayaan yang lebih dahulu dibangun oleh para pendahulunya, baik itu mengenai sosial budaya, kesenian, bahasa, maupun perawatan kecantikan wanita.

Kaum wanita pada zaman dahulu (kerajaan) mempunyai resep dan tips tersendiri dalam merawat kecantikan menggunakan ramuan-ramuan alami, tips menebalkan rambut sebagai produk pengolahan hasil alam di sekitar. Setiap wanita (di tempat dan kerajaan tertentu) pasti mempunyai perawatan kecantikan tersendiri (rahasia perawatan alami) yang membuatnya berbeda dengan wanita lainnya.

Rahasia perawatan alami tersebut  diwariskan kepada generasi selanjutnya sebagai warisan perawatan kecantikan leluhur. Sehingga, tidaklah keliru bila dinyatakan bahwa kecantikan wanita Korea saat ini tidak terlepas dari warisan leluhur terkait perawatan kecantikan alami.
Tidak bisa dipungkiri bahwa wanita Korea ialah wanita cantik yang memiliki kulit putih, halus, dan langsing, serta setiap bagian tubuhnya merupakan hasil perawatan kecantikan yang memukau. Banyak wanita di belahan dunia lainnya merasa iri terhadap pesona kecantikan wanita Korea. Akhirnya, mereka mempelajari rahasia khusus mengenai perawatan kecantikan wanita Korea.

Resep Kecantikan Alami ala Kerajaan

Sejak dahulu, pesona dan kecantikan wanita Korea sudah terkenal di Asia Timur. Kecantikannya membuat pesona tersendiri bagi negara lain di wilayah Asia, sehingga menjadi daya tarik bagi kerajaan-kerajaan di sekitarnya. Menurut sejarah, sebagaimana yang diungkapkan oleh Kim Nara Dewi (2012), wanita Korea bahkan menjadi komoditas perdagangan selama beberapa abad, terutama saat negeri ginseng di bawah kekuasaan Mongolia. Sejarah perdagangan wanita pada masa itu menjadi bukti bahwa wanita Korea sejak dahulu memiliki pesona dan kecantikan tersendiri dibandingkan negeri lain di Asia Timur.
Kecantikan kaum wanita Korea sudah terkenal sejak dahulu karena secara fisik, mereka lebih unggul ketimbang wanita lainnya. Dibandingkan wanita Jepang yang terlihat lebih imut seperti boneka, wajah wanita Korea pada umumnya lebih tegas, sehingga sering kali tampak lebih cantik dalam nuansa klasik atau kebangsawanan.
Secara fisik, bentuk badan kaum wanita Korea lebih menarik dengan wajah bangsawan sekaligus warna kulit yang seksi dan bervariasi, mulai dari putih hingga cokelat terang. Selain itu, mata mereka juga terlihat lebih besar daripada ukuran wanita Jepang.

Sehingga, bila dipandang, mata atau pandangan mereka lebih menyenangkan secara estetis serta berbentuk seperti almond yang agak melengkung pada bagian luarnya. Atau, bisa dibilang bahwa bentuk dan ukuran mata kaum wanita Korea merupakan salah satu rahasia utama kecantikan mereka sejak dahulu. Bahkan, mereka suka melukis alis dengan bentuk-bentuk seperti daun.
Kaum wanita Korea sejak dahulu suka memanjangkan rambut dan menggulungnya di atas kepala. Itu dikarenakan
bentuk rambut mereka yang rata-rata panjang dan lurus, sehingga bila dipanjangkan, maka akan menambah daya tarik kecantikan tersendiri bagi wajah. Rambut yang panjang tersebut digulung secara rapi di atas kepala dan dikunci dengan jepitan rambut (semacam tusuk konde). Jepitan rambut ini terbuat dari perak yang konon juga dipakai untuk membersihkan telinga.